Permainan Kartu Sepanjang Masa. Bagaimana Agen Domino?

Permainan Kartu Sepanjang Masa. Bagaimana Domino? Permainan kartu adalah permainan yang menggunakan media kartu atau kertas. Dalam bahasa Inggris disebut card games. Seiring berkembang pesatnya teknologi, permainan-permainan klasik tradisional pun mulai ditinggalkan dan  beralih ke permainan yang lebih keren  dan efisien.

Lalu jenis apa saja yang dimiliki permainan kartu? Bagaimana dengan Domino?

Domino

Bisa juga disebut agen dominoqq , QiuQiu, kiwkiw, gaple, dan lain-lain. Domino memiliki jumlah kartu sebayak 28 buah dengan sisi masing-masing memiliki titik. Berukuran kecil, persegi panjang dengan tinggi lima sentimeter lebar tiga sentimeter. Ada pula sisi kembar atau balak. Titik-titik ini adalah penentu nilai sebuah kartu dalam permainan.

Cara dan aturan bermain domino qiuqiu pun terbilang mudah dan sederhana. Untuk memainkannya dibutuhkan minimal dua orang, maksimal enam orang pemain dalam satu meja. Selain dalam bentuk fisik, domino juga kini hadir dalam bentuk software aplikasi game online. Selain domino klasik, kini banyak sekali turunan permainan domino, seperti bandar, ceme, dan lain-lain.

Remi

Selain domino qiuqiu, permainan kartu lainnya yaitu Remi. Kartu ini berjumlah 52 lembar dengan masing-masing suit berjumlah 13, yaitu spade, heart, diamond, dan club. Suit ini dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan hati, wajik, keriting, dan sekop. Spade atau sekop melambangkan daun kehidupan. Hearts, hati melambangkan pusat kehidupan dan dunia. Diamond atau wajik mewakili dari kehidupan wanita yang mewah dan glamor. Bisa juga untuk menggambarkan kehangatan kasih seorang wanita. Club, keriting memiliki arti banyak hal seperti kesendirian, malam yang gelap dan berangin serta laki-laki. Selain itu, remi juga memiliki tambahan kartu joker.

Monopoli

Berbeda dengan domino qiuqiu dan remi, monopoli dimainkan dengan kombinasi papan, setumpuk kartu dan uang mainan, serta dadu. Pemainnya pun bisa menggunakan semua benda berukuran kecil. Kartu-kartu yang ada berfungsi sebagai perintah, aset, dan lain-lain.

Uno

Kartu Uno. Siapa yang belum mengenal jenis kartu tradisional ini? Uno bisa disejajarkan dengan domino qiuqiu dalam kepopulerannya. Peraturan mainnya cukup sederhana, Anda cukup melanjutkan langkah kartu yang berwarna atau bernilai sama. Mirip-mirip dengan domino-lah. Pemenangnya adalah pemain yang lebih dahulu habis kartunya dan berteriak, Uno. Sistem nilai dalam Uno juga menyerupai domino, setiap kartu memiliki angka nol sampai sembilan. Lalu ada kartu reverse, draw two, skip, wild card, joker–kartu tanpa nomor dan warna. Jika salah satu pemain menurunkan angka nol maka kartu harus berpindah tangan dari pemain satu ke pemain lain secara memutar, kalau kartu joker yang diturunkan maka semua pemain wajib menumpang tangan di atas kartu tersebut, dan pemain yang tangannya paling atas mendapat pinalti 1 kartu. Itulah cara yang biasanya digunakan untuk memainkan Uno.

Hanya itu sajakah permainan kartunya? Tidak! Masih ada beberapa dari trading card games. Apa sajakah itu?

Mat Goceng Card Games

Mat Goceng adalah permainan kartu buatan lokal, sama dengan domino qiuqiu. Bentuknya fisik, alias noncollectible card games atau nondigital. Kartu ini diproduksi dan dipasarkan oleh Manikmaya Games Publisher. Permainan ini bisa dimainkan untuk tiga hingga enam orang. Kartu ini memiliki enam karakter, setiap karakter memiliki tujuan atau obyektif yang berbeda. Permainan akan berakhir jika salah satu pemain kehilangan seluruh staminanya. Pemain yang dapat meraih obyektifnya, itulah pemenangnya, kemungkinan pemenang lebih dari satu itu ada.

Saboteur

Pernahkah mendengar permainan kartu ini? Di dalam permainan ini ada dua karakter, yaitu gold digger dan saboteur. Gold digger memiliki tujuan untuk membuka jalan menuju tambang emas, sedangkan saboteur bertujuan menghalangi gold digger dalam menjalankan tugasnya. Yang menjadi keseruan dari permainan ini adalah setiap pemain merahasiakan perannya selama bermain. Karena identitas yang disembunyikan itulah, dalam menjalankan permainan akan banyak terjadi kontroversial. Bagaimana? Tertarik memainkan permainan kartu ini? Atau masih mau main yang tradisional? Domino qiuqiu atau remi?

 

Itulah beberapa permainan kartu di Indonesia. Kalau kalian, lebih tertarik untuk memainkan kartu model lama—domino qiuqiu, remi—atau kartu model baru–sabouteur dan mat goceng?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *